Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Belanda di Euro 2024 Tim nasional Belanda memiliki ambisi besar memasuki Euro 2024. Mereka terakhir kali merasakan sensasi mengangkat trofi pada tahun 1988, sudah terlalu lama. Belanda seharusnya menjadi salah satu kekuatan besar di Eropa.

Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Belanda di Euro 2024

Belanda kini ditangani oleh Ronald Koeman, legenda mereka. Yang menarik, Koeman merupakan bagian dari skuad spesial yang memenangkan Euro 1988.

Mereka menjadi runner-up Grup B Kualifikasi Euro 2024, dengan catatan 6 kali menang dan 2 kali kalah dari 8 pertandingan.

Koeman sudah cukup lama menangani timnas Belanda. Ia juga membawa Oranje lolos ke final UEFA Nations League 2019 dan mengamankan tempat ketiga untuk kompetisi yang sama pada 2023.

Pada penampilan terakhir di Euro 2020, Belanda hanya bisa melaju sampai babak 16 besar. Kini, Koeman ditargetkan untuk membawa timnya melangkah lebih jauh.

Para pemain bintang: Virgil van Dijk

Ada banyak pemain berbakat dalam skuad Belanda saat ini. Namun, jika harus memilih satu nama, Virgil van Dijk layak menjadi bintang utama yang harus diwaspadai.

Ada nama-nama lain seperti Frenkie de Jong dan Memphis Depay, namun mereka belum bermain secara konsisten di level Van Dijk. Van Dijk patut dipercaya untuk memimpin tim saat ini.

Lini pertahanan Belanda akan dipimpin oleh Van Dijk, seorang pemain yang unggul dengan kekuatan dan kecepatannya. Apalagi Koeman memimpin timnya untuk mengutamakan permainan bertahan, Van Dijk akan memainkan peran penting.

Profil pelatih: Ronald Koeman

Ronald Koeman sudah lama dikenal sebagai salah satu pelatih Belanda tersukses di Premier League.

Koeman kembali menangani timnas Belanda pada awal tahun 2023 ini. Dia ditunjuk untuk menggantikan Louis van Gaal yang ternyata memilih pensiun.

Masalahnya, awal karir penanganan Koeman tidak berjalan dengan mudah. Pada pertandingan pertamanya, Belanda kalah telak 0-4 dari Prancis, sebuah performa yang buruk. Untungnya Koeman masih bisa membimbing tim lolos dan tampil di putaran final Piala Eropa 2024.

Skuat Belanda untuk Euro 2024

Koeman telah menentukan skuat final Belanda untuk Euro 2024 pada akhir Mei 2024 mendatang. Sebanyak 26 pemain diyakini sebagai berikut:

Penjaga gawang Bart Verbruggen (Brighton), Mark Flekken (Brentford), Justin Bijlow (Feyenoord).

Belakang: Virgil van Dijk (Liverpool), Stefan de Vrij (Inter Milan), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur), Daley Blind (Girona), Matthijs de Ligt (Bayern Munchen), Nathan Ake (Manchester City), Denzel Dumfries (Inter Milan), Pemain Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen).

Tengah: Teun Koopmeiners (Atalanta), Ryan Gravenberch (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona), Tijjani Reijnders (AC Milan), Xavi Simons (RB Leipzig), Joey Veerman (PSV), Jerdy Schouten (PSV), Gini Wijnaldum (Al-Ettifaq).

Penyerang: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Atletico Madrid), Brian Brobbey (Ajax), Wout Weghorst (Hoffenheim), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Cody Gakpo (Liverpool).

Jadwal pertandingan Belanda di Euro 2024

di putaran final Piala Eropa 2024, Belanda tergabung di Grup D bersama Prancis, Polandia, dan Austria. Berikut adalah jadwal pertandingan lengkapnya

16/06/2024 – Polandia vs Belanda
22/06/2024 – Belanda vs Prancis
25/06/2024 – Belanda vs Austria