Profil Tim dan Daftar Pemain Swiss untuk Euro 2024 Profil, daftar pemain, dan jadwal tim Euro 2024 Swiss. Tim nasional Swiss merupakan salah satu tim kuda hitam yang patut diperhitungkan pada Piala Eropa 2024 kali ini.

Profil Tim dan Daftar Pemain Swiss untuk Euro 2024

Swiss lolos ke Euro 2024 sebagai runner-up Grup I pada babak kualifikasi. Meski tergabung di grup yang relatif mudah, namun performa Swiss bisa dibilang tidak terlalu meyakinkan dengan meraih lima kali hasil imbang dari 10 pertandingan.

Apapun itu, yang pasti Swiss kini berada di putaran final. Granit Xhaka dkk pun bertekad mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian mereka di putaran final.

Pada Euro 2024 nanti, Timnas Swiss berada di Grup A. Mereka harus menantang tuan rumah sekaligus unggulan utama, Jerman. Selain keduanya, di grup ini juga ada Skotlandia dan Hungaria.

Pemain Bintang Granit Xhaka

Granit Xhaka bisa dibilang sebagai bintang paling bersinar dari skuad Swiss saat ini. Performanya bersama Bayern Leverkusen musim 2023/2024 lalu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Xhaka membawa skuat Leverkusen mencatatkan rekor juara Bundesliga dengan tidak terkalahkan selama satu musim penuh. Ia juga mengantarkan timnya menjuarai DFB Pokal dan lolos ke final Liga Europa.

Musim yang fantastis bersama Leverkusen jelas menjadi modal yang sangat bagus bagi Xhaka di Euro kali ini. Bertindak sebagai kapten tim, Xhaka berharap bisa menularkan mental juara kepada timnya.

Profil Pelatih: Murat Yakin

Ia berkontribusi besar dalam meloloskan negaranya ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan mengungguli Italia di babak kualifikasi.

Sayangnya, pada fase tersebut timnya harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor telak 1-6.

Euro 2024 juga menjadi ujian sesungguhnya bagi Murat Yakin.

Skuat tim nasional Swiss

Penjaga gawang Yann Sommer (Inter Milan), Yvon Mvogo (Lorient), Gregor Kobel (Borussia Dortmund), Marvin Keller (Winterthur), Pascal Loretz (Luzern)

Pemain bertahan: Ricardo Rodriguez (Torino), Fabian Schar (Newcastle United), Manuel Akanji (Manchester City), Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach), Silvan Widmer (Mainz 05), Kevin Mbadu (Augsburg), Ulisses Garcia (Marseille), Cedric Zesigner (Wolfsburg), Pemain Leonidas Stergiou (Stuttgart), Aurele Amenda (Young Boys), Albuan Hajdari (Lugano), Bryan Okoh (Red Bull Salzburg).

Player Gelandang: Granit Xhaka (Bayer Leverkusen), Xherdan Shaqiri (Chicago Fire), Remo Freuler (Bologna), Denis Zakaria (Monaco), Michel Aebischer (Bologna), Fabian Rieder (Rennes), Uran Bislimi (Lugano), Ardon Jashari (Luzern), Filip Ugrinic (Young Boys), Vincent Sierro (Toulouse).

Pemain Penyerang: Breel Embolo (Monaco), Steven Zuber (AEK Athens), Ruben Vargas (Augsburg), Renato Steffen (Lugano), Noah Okafor (AC Milan), Zeki Amdouni (Burnley), Andi Zeqiri (Genk), Dan Ndoye (Bologna), Kwadwo Duah (Ludogorets), Joel Monteiro (Young Boys).

Pelatih Murat Yakin.

Jadwal Pertandingan Swiss di Euro 2024

Berikut adalah jadwal lengkap Swiss di babak penyisihan grup Euro 2024:

Sabtu, 15 Juni 2024
20.00 WIB: Hongaria vs Swiss

Kamis, 20 Juni 2024
02.00 WIB: Skotlandia vs Swiss

Senin, 24 Juni 2024
02.00 WIB: Swiss vs Jerman