Update Peringkat FIFA Negara ASEAN: Indonesia Masuk 3 Besar! Tim nasional Indonesia terus menanjak dalam update peringkat FIFA terbaru. Nah, Timnas Indonesia pun berjuang dengan maksimal.

Persaingan cukup ketat, saat ini Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 7 poin.

Negara-negara ASEAN lainnya juga ikut berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Memang tidak semua, hanya beberapa negara yang lolos dari putaran pertama.

Artinya, hasil pertandingan tersebut berdampak langsung pada peringkat FIFA negara yang bertanding.

Update Peringkat FIFA Negara ASEAN: Indonesia Masuk 3 Besar!

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam, dua kali!

Timnas Indonesia melaju paling jauh dalam update ranking FIFA Maret 2024 ini. Skuat asuhan Shin Tae-yong ini mendapatkan tambahan poin yang cukup signifikan setelah dua kali mengalahkan Vietnam.

Pekan lalu, timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 di kandang sendiri. Yang terbaru, Marselino Ferdinan dkk. juga mengamankan kemenangan telak 3-0 di Ha Noi.

Dua kemenangan ini mendorong Indonesia ke posisi kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sekaligus mendongkrak posisi mereka di peringkat FIFA.

Hasil Filipina vs Irak: Skor 0-5

Satu lagi wakil ASEAN yang bertanding kemarin adalah tim nasional Filipina. Mereka berhadapan dengan tim nasional Irak di kandang sendiri.

Pada matchday ketiga tersebut, Filipina tampil apik, dimana mereka hanya kalah 1-0 di markas Irak. Alhasil, The Azkals diyakini bakal memberikan perlawanan sengit saat bermain di kandang sendiri.

Namun apa daya, Filipina justru kalah di hadapan para pendukungnya sendiri. Mereka kalah dengan skor telak 5-0 dalam pertandingan tersebut.

Hasil pertandingan China vs Singapura: Skor 4-1

Wakil ASEAN berikutnya yang bertanding adalah timnas Singapura. Mereka berhadapan dengan tim nasional China.

Pada matchday ketiga, Singapura mampu menahan China dengan skor 2-2 di kandang mereka. Namun kali ini berbeda cerita saat berhadapan dengan China di Tianjin Olympic Center.

Hasil Thailand vs Korea Selatan: Skor 0-3

Pertandingan perwakilan ASEAN selanjutnya adalah pertandingan tim nasional Thailand.

Jika Thailand mampu menahan imbang Korea Selatan di matchday ketiga, mereka justru menderita malu saat menjamu Korea Selatan di markas mereka.

The War Elephants kalah dengan skor telak 3-0, dan mereka kini merosot ke posisi tiga klasemen Grup C.

Hasil pertandingan Malaysia vs Oman: Skor 0-2

Pada pertandingan ini, Oman berhasil mengalahkan Malaysia dengan cara yang sangat menyakitkan. Mereka menang 2-0 atas Harimau Malaya.

Kedua gol Oman tercipta pada akhir babak pertama dan akhir babak kedua. Sehingga Malaysia tidak memiliki kesempatan untuk bereaksi terhadap gol-gol Oman tersebut.

Pembaruan peringkat FIFA tim nasional Indonesia

Tambahan 14,66 poin langsung mendongkrak posisi timnas Indonesia. Kini, Indonesia berada di peringkat ke-135 dalam ranking FIFA edisi Maret 2024.

Dari posisi 142 pada Januari 2024, Indonesia kini berada di urutan ke-134 dalam peringkat FIFA.

Ada jarak yang cukup jauh antara Indonesia dengan kedua negara tersebut. Namun, target Indonesia lebih dari sekedar melewati kedua negara tersebut.

Pencapaian manis lainnya, timnas Indonesia kini telah menyalip Malaysia. Negeri Jiran yang baru saja dikalahkan Oman, kini merosot ke posisi 136 dalam peringkat FIFA.

Peringkat FIFA negara-negara ASEAN

Berikut ini adalah update peringkat FIFA negara-negara ASEAN per hari ini, Rabu, 27 Maret 2024:

Pertama Peringkat 101 – Thailand
Kedua Peringkat 115 – Vietnam
Ketiga Peringkat 134 – Indonesia
Keempat Peringkat 136 – Malaysia
Kelima Peringkat 141 – Filipina
Keenam Peringkat 154 – Singapura
Ketujuh Peringkat 162 – Myanmar
Kedelapan Peringkat 180 – Kamboja
Kesembilan Peringkat 189 – Laos
Kesepuluh Peringkat 194 – Brunei Darussalam
Kesebelas Peringkat 200 – Timor Leste

Perlu diingat bahwa posisi setiap negara masih bisa berubah selama jeda internasional Maret 2024. FIFA akan melakukan update kembali setelah semua pertandingan internasional selesai dimainkan.