Rekor Tragis Arsenal Bertemu Bayern Munchen di Liga Champions Arsenal dipastikan akan mendapat lawan berat pada babak perempat final Liga Champions 2023/2024. Tim asal London Utara itu akan berhadapan dengan Bayern Munchen.

Arsenal sendiri berhasil lolos ke babak perempat final Liga Champions secara dramatis. Mereka menyingkirkan wakil Portugal, FC Porto melalui drama adu penalti.

Berdasarkan hasil undian tersebut, Obi Mikel mempertemukan Arsenal dengan Bayern Munchen. Ini bukan kali pertama Arsenal dan raksasa Bayern Munchen bertemu di ajang Liga Champions.

Rekor Tragis Arsenal Bertemu Bayern Munchen di Liga Champions

Terakhir kali mereka bertemu pada tahun 2017 lalu di babak 16 besar Liga Champions. Bagaimana rekor Arsenal melawan raksasa Jerman tersebut dalam 10 tahun terakhir?

Arsenal 0-2 Bayern Munchen

Pertemuan pertama Arsenal dan Bayern Munchen di Liga Champions dalam 10 tahun terakhir terjadi pada fase grup Liga Champions 2013/2014.

Pada pertandingan tersebut, Bayern Munchen bertandang ke Emirates Stadium terlebih dahulu. Meski berstatus sebagai tim tamu, Bayern berhasil menang dengan skor 0-2.

Pertandingan ini juga semakin meriah karena Wojciech Szczesny mendapat kartu merah pada menit ke-37.

Bayern Munich 0-1 Arsenal

Pertandingan selanjutnya masih dari musim 2013/2014. Kali ini giliran Arsenal yang bertandang ke Allianz Arena untuk menjalani leg kedua babak 16 besar.

Pertandingan berlangsung sengit. Bastian Schweinsteiger membuka keunggulan Bayern dalam pertandingan tersebut pada menit ke-55.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan, dan Bayern lolos ke perempat final dengan agregat 3-1.

Arsenal 2-0 Bayern Munich

Pertemuan berikutnya antara Bayern Munchen dan Arsenal terjadi pada musim 2015/2016. Saat itu kedua tim tergabung dalam Grup F Liga Champions.

Pertandingan pertama digelar di Emirates Arsenal. Pertandingan sempat berjalan dengan sengit.

Pada menit ke-77, Arsenal mampu unggul berkat gol Olivier Giroud. Mesut Ozil memastikan kemenangan Arsenal pada masa injury time sehingga Arsenal menang 2-0 dalam pertandingan ini.

Bayern Munich 5-1 Arsenal

Dua pekan setelah bertemu di Emirates Stadium, Arsenal dan Bayern Munchen kembali bertemu. Kali ini pertandingan digulirkan di Allianz Arena.

Bayern Munchen yang terluka setelah kalah di pertemuan pertama langsung tampil menggila.

Bayern Munchen 5-1 Arsenal

Dua tahun setelah pembantaian di Allianz Arena, Arsenal kembali bertandang ke markas Bayern Munchen.

Pertandingan ini awalnya berlangsung sengit. Gol Arjen Robben pada menit ke-11 sempat dibalas Arsenal lewat gol Alexis Sanchez pada menit ke-30.

Namun pada babak kedua, Arsenal babak belur. Sehingga Bayern menang dengan skor 5-1.

Arsenal 1-5 Bayern Munchen

Pada leg kedua yang dilangsungkan di Emirates Stadium, Arsenal mencoba menekan. Mereka berhasil unggul 1-0 berkat gol Theo Walcott pada menit ke-20. Skor 1-0 tersebut bertahan hingga turun minum.

Unggul jumlah pemain, Bayern tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Mereka mencetak lima gol melalui penalti Lewandowski, gol Arjen Robben dan Douglas Costa, serta sepasang gol Arturo Vidal. Alhasil Bayern melaju ke babak perempat final dengan agregat 10-2 atas Arsenal.