Getout! Juventus Nyatakan Mundur dari Proyek Liga Super Eropa Raksasa Serie A, Juventus, menyatakan mundur dari proyek Liga Super Eropa (ESL) meskipun masih harus menunggu persetujuan dari Real Madrid dan Barcelona.

Ini bukan pertama kalinya Juventus menyatakan keinginannya untuk mundur dari ESL. Mereka sudah pernah melakukannya sekali sebelumnya.

Ketiganya sempat mendapat ancaman dari UEFA. Jika tetap melanjutkan proyek ESL, Juve, Madrid dan Barca akan dilarang ikut serta di kompetisi Eropa.

Getout! Juventus Nyatakan Mundur dari Proyek Liga Super Eropa

Surat Juventus untuk Madrid dan Barcelona

Berikut ini adalah isi surat kepada Barcelona dan Real Madrid pada bulan Juni lalu yang berisi niatan Juventus untuk mundur dari proyek Liga Super Eropa.

“Dengan mengacu pada laporan yang muncul di media hari ini, Juventus Football Club mengonfirmasi bahwa mereka telah mengirimkan komunikasi kepada dua klub lain yang, seperti Juventus, belum melakukan pengunduran diri dari Proyek Liga Super (Barcelona dan Real Madrid) untuk memulai periode diskusi antara ketiga klub tersebut terkait kemungkinan keluarnya Juventus dari Proyek Liga Super.”

“Perusahaan akan memproses setiap komunikasi yang diwajibkan oleh hukum atas hasil diskusi dan evaluasi mengenai hal di atas, dengan catatan bahwa banyak rekonstruksi yang dilaporkan di media mengenai isi komunikasi (termasuk referensi tentang dugaan ancaman kemungkinan sanksi oleh UEFA) tidak sesuai dengan kebenaran.”

Pernyataan Juventus

Getout! Dalam pernyataan tersebut, Juventus menegaskan bahwa mereka sudah mulai bergerak untuk mundur dari proyek Liga Super Eropa. Namun, Bianconeri baru bisa benar-benar keluar dari proyek ESL jika sudah mendapat lampu hijau dari Barcelona dan Real Madrid.

“Merujuk pada komunikasi kami sebelumnya tertanggal 6 Juni 2023, di mana Juventus mengumumkan dimulainya periode diskusi dengan Real Madrid dan FC Barcelona, klub-klub yang hingga saat ini belum mengumumkan niat mereka untuk keluar dari proyek Liga Super, sehubungan dengan keputusan yang diusulkan Juventus untuk keluar dari proyek tersebut.”

“Menyusul diskusi-diskusi tersebut, dan mengingat perbedaan yang ada pada interpretasi ketentuan kontrak yang relevan yang berlaku untuk Proyek Liga Super, Juventus mengonfirmasi bahwa mereka telah memulai prosedur untuk keluar dari proyek tersebut, tetapi juga mengakui bahwa, di bawah ketentuan kontrak yang berlaku, keluarnya Juventus dari proyek tersebut akan selesai dan efektif hanya jika sebelumnya disahkan oleh Real Madrid, FC Barcelona, dan klub-klub lain yang terlibat dalam Proyek Liga Super.”

ESL Jatuh dengan Cepat

Ide untuk menyelenggarakan Liga Super Eropa muncul pada bulan April 2021. Liga Super berisi tim-tim papan atas dari liga-liga top di Eropa.

Dari Spanyol, tidak hanya ada Real Madrid dan Barcelona. Ada juga Atletico Madrid.

Namun, rencana ESL ini langsung digoyang oleh banyak pihak, terutama dari para fans plus media. Akhirnya, mayoritas klub langsung menarik diri dari proyek tersebut setelah mendapat kritik dan protes bertubi-tubi.

Pada akhirnya, hanya tersisa tiga klub saja, yakni Juventus, Madrid dan Barcelona. Kini, jelas tinggal Los Blancos dan Blaugrana.