Masalah Polisi Tidak Netral, Aiman Witjaksono Dicheck di Polda Metro Jaya Hari Ini. Aiman Witjaksono, Team Pemenangan Nasional pasangan capres dan wapres Ganjar-Mahfud, direncanakan jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya ini hari. Aiman Witjaksono akan dicheck sebagai saksi sesudah disampaikan atas sangkaan penebaran informasi berbohong menyebutkan polisi tidak netral.

Pengamatan Tempo, sampai jam 10.46 WIB, Aiman Witjaksono belum datang di Polda Metro Jaya. Walau sebenarnya berdasar undangan dari penyidik tercantum jam 09.00.

Aiman Witjaksono mengatakan akan datang dalam panggilan itu ditemani team kuasa hukum dan team pemenangan nasional Ganjar-Mahfud. “InsyaAllah saya siap dan akan tiba pada pemeriksaan,” kata Aiman ke Tempo pada Rabu, 24 Januari 2024.

Panggilan Aiman dalam pemeriksaan ke-2 dikatakan oleh Direktur Reserse Kriminil Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak. “Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sudah mengirim surat panggilan kedua pada saksi Aiman Adi Witjaksono masalah penyelidikan masalah penyelidikan,” kata Direktur Reserse Kriminil Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak lewat info tercatatnya pada Rabu, 24 Januari 2024.

Menurut Ade, penyelidikan itu atas sangkaan tindak pidana siarkan informasi atau pernyataan berbohong dengan menyengaja mengeluarkan kerusuhan dalam masyarakat seperti pasal 14 ayat 1 dan atau pasal 14 ayat 2 dan atau pasal 15 Undang-Undang Nomor satu tahun 1946 mengenai ketentuan hukum pidana.

Aiman gagasannya akan dicheck pada Jumat 26 Januari 2024 jam 09.00 WIB di ruangan riksa Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. “Surat panggilan kedua itu sudah diterima pada Senin, 22 Januari 2024 jam 19.15 WIB,” ucapnya.

Ade menjelaskan Aiman Witjaksono akan dicheck sendiri atau tunggal. “Karena saksi lain telah dicheck atau diminta info awalnya,” ucapnya.

Kasus Aiman naik dari tahapan penyidikan ke penyelidikan pada Kamis 28 Desember 2023. Beberapa pakar yang diminta info ialah pakar Informasi dan Transaksi bisnis Electronic, pakar hukum pidana, pakar bahasa, dan pakar sosiologi hukum.

Masalah Polisi Tidak Netral, Aiman Witjaksono Dicheck di Polda Metro Jaya Hari Ini

Masalah Polisi Tidak Netral, Aiman Witjaksono Dicheck di Polda Metro Jaya Hari Ini

Awalnya, Aiman sebagai jubir Team Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud disampaikan karena pengakuan masalah kepolisian yang tidak netral pada Pemilu 2024. Perkataannya diupload ke sosial media Instagram individu @aimanwitjaksono.

Sangkaan ketidaknetralan ialah ada aparatur yang memberikan dukungan ke pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Tetapi ia sebelumnya sempat yakini informasi dari intern kepolisian itu salah.

“Saya yakini jika lembaga Polri tetap jaga netralitasnya,” katanya di Polda Metro Jaya pada Selasa, 5 Desember 2023.

Walaupun disampaikan, Aiman mengeklaim pengakuannya di sosial media itu sekedar hanya mengingati netralitas. “Jika sampai disampaikan, apalagi berkaitan ajaran kedengkian, SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) yang teror hukumannya di atas 5 tahun penjara, pasti itu jadi pertanyaan untuk saya. Ganjil,” katanya.