Kaesang Berjumpa Sultan HB X Sepanjang Satu Jam, Sekda DIY: Tidak Ulas Masalah Ade Armando. Ketua Umum Partai Kebersamaan Indonesia (PSI) yang anak Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep berjumpa Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Komplek Kantor Gubernur Kepatihan Yogyakarta Minggu 14 Januari 2024.

Dalam tatap muka nyaris satu jam start pukul 09.00 sampai 09.55 WIB itu, Kaesang ditemani istri Erina Gudono.

Awak mass media tidak dikenankan merapat oleh prosedurer untuk lakukan interviu langsung baik saat Kaesang tiba atau pulang.

Sekretaris DIY Beny Suharsono yang ikut menemani Sultan HB X berjumpa Kaesang menyebutkan, tatap muka itu cuma diskusi kekerabatan.

“Jadi kehadirannya cuma untuk bersilahturahmi, sebagai angkatan muda yang pimpin organisasi yang lebih besar, yang ingin berkomunikasi beberapa hal khususnya keadaan modern dengan Ngarso Dalam (Sultan HB X),” kata Beny.

Beny juga menepiskan saat ditanyakan apa pada pertemuan tersebut Kaesang dan Sultan HB X mengulas masalah keinginan maaf atas pengakuan kader PSI Ade Armando beberapa lalu masalah politik dinasti di Yogya.

“Mboten (tidak-membahas masalah Ade Armando), itu kan (masalahnya) telah berakhir toh seharusnya,” kata Beny.

“Mas Kaesang dan Sultan lebih diskusi masalah kenegaraan, dengan diskusi ala-ala angkatan muda, tidak mengulas keadaan keadaan yang tempo hari ada, khususnya yang dulu pernah terjadi di Yogya,” tambah Beny.

Saat dihujani lagi benarkah betul tidak ada keinginan maaf berkaitan pengakuan Ade Armando, Beny masih tetap bersikeras.

Kaesang Berjumpa Sultan HB X Sepanjang Satu Jam, Sekda DIY: Tidak Ulas Masalah Ade Armando

Kaesang Berjumpa Sultan HB X Sepanjang Satu Jam, Sekda DIY: Tidak Ulas Masalah Ade Armando

Loh kan (keinginan maaf) itu pernah dilaksanakan oleh Sekjen PSI (Raja Juli Antoni) waktu berjumpa Ngarso Dalam (Sultan) dahulu, diantaranya dialognya sampai ke situ (tatap muka Sultan dengan Raja Juli),” kata Beny.

“Jadi pokok tatap muka itu Mas Kaesang lebih ingin memperoleh banyak saran dari Sultan,” tambah Beny.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni sempat memang berjumpa Sultan di selang
penyerahan sertifikat tanah untuk tanah Kasultanan dan tanah Kadipaten Pakualaman oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto medio 7 Desember 2023 kemarin.

Dalam tayangan jurnalis yang dibikin PSI saat itu. Disebutkan Raja Juli pada pertemuan tersebut sudah mohon maaf langsung ke Sultan HB X. Atas pengakuan kader PSI Ade Armando masalah politik dinasti DIY. Raja Juli sendiri saat itu datang sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Tetapi, di satu faksi. Sultan HB X saat itu malah tidak tahu jika Raja Juli ialah Sekjen PSI yang mohon maaf masalah Ade Armando.

Sultan saat ditanyakan mass media menjelaskan. Tatap muka dengan Sekjen PSI cuma mengulas tindaklanjut bekerja sama Pemda DIY dengan Kementerian ATR/BPN.