Berita Biaya 4 Batas Tol Trans Sumatera Akan Naik di 2024, Ini Daftarnya. PT Hutama Kreasi (Persero) saran untuk lakukan rekonsilasi biaya di empat batas tol di Jalan Tol Trans Sumatera pada 2024 ini. Gagasannya, empat batas yang akan alami peningkatan biaya tol itu yaitu Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Tol Palembang-Indralaya, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Sigli-Banda Aceh.

Argumennya, rekonsilasi biaya ini sudah semestinya dilaksanakan tiap dua tahun sekali, merujuk pada Pasal 48 ayat (3) dan (4) Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 mengenai Peralihan Ke-2 atas UU Nomor 38 Tahun 2004 mengenai Jalan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Kreasi Tjahjo Purnomo menjelaskan, ruas-ruas itu secara kualitas telah penuhi persyaratan untuk dilaksanakan peningkatan biaya tol.

Diharap bisa memperoleh hal pemberian izin, ingat rekonsilasi biaya itu cukup signifikan untuk jaga keberlangsungan jalan tol dan membuat cuaca investasi jalan tol yang aman. Hingga kami mengharap bisa terwujud sama sesuai sasaran,” tutur Tjahjo, Kamis (11/1/2024).

Adapun merujuk data Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sekarang ini dikenakan biaya Rp 170.500 untuk jarak paling jauh untuk kendaraan kelompok I (kendaraan individu).

Sementara untuk biaya Tol Palembang-Indralaya dalam jarak paling jauh dikenakan biaya Rp 20.500. Untuk Tol Pekanbaru-Dumai Rp 118.500, dan biaya Tol Sigli-Banda Aceh Rp 35.000.

Selanjutnya, Tjahjo sampaikan. Hutama Kreasi memiliki komitmen untuk selalu tingkatkan servis dan pastikan pemenuhan Standard Servis Minimum (SPM) di jalan tol yang diatur.

Berita Biaya 4 Batas Tol Trans Sumatera Akan Naik di 2024, Ini Daftarnya

Berita Biaya 4 Batas Tol Trans Sumatera Akan Naik di 2024, Ini Daftarnya

“Saat sebelum jalan tol dibolehkan untuk dilaksanakan rekonsilasi biaya, dilaksanakan penilaian dan pengetesan lebih dulu. Disamping itu, di saat realisasinya harus menyaksikan situasi dan kondisi terbaru. Bila ada spesial case seperti awalnya ada wabah, rekonsilasi biaya harus juga diundur lebih dulu,” bebernya.

Tidak itu saja, sejumlah ruas-ruas yang baru yang dioperasionalkan pada 2023 lantas oleh Hutama Kreasi. Seperti Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam), Tol Binjai-Langsa Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai). Tol Indralaya-Prabumulih dan Tol Indrapura-Lima Puluh tetap dioperasionalkan tanpa biaya atau memang belum berbayar.

Dengan batas yang paling lama bekerja dengan gratis sekarang ini yakni Tol Sibanceh Seksi 5 dan 6 semenjak Juni 2023. Atau sudah lebih dari tujuh bulan dioperasionalkan tanpa biaya.

“Keinginannya bisa memberi kontributor positif untuk warga, di mana sepanjang bekerja tanpa biaya. Operasional atau perawatan jalan tol masih tetap jalan walaupun belum juga memperoleh keuntungan. Dan untuk permodalannya masih dari intern perusahaan,” tambah Tjahjo.

“Mudah-mudahan SK Penentuan Kelompok Biaya Kendaraan bisa selekasnya dikeluarkan dan biayanya bisa selekasnya berlaku,” tandas ia.