Berita Ekonomi Satuan tugas Pangan Ingatkan Tersedianya Beras dan Gula di 2024. Unit Pekerjaan atau Satuan tugas Pangan Polri sampaikan peringatan awal atau early warning berkenaan tersedianya bahan pangan di 2024. Sejumlah bahan pangan sebagai sorotan Satuan tugas Pangan Polri ialah beras, gula, bawang putih, dan jagung.

Ka Anev Satuan tugas Pangan Polri Kombes Pol Eka Mulyana mengutarakan, dampak cuaca ekstrim El Nino yang berkesinambungan masih bisa mengusik hasil produksi padi. Dia menyebutkan, hal yang lain perlu diperhitungkan dari tersedianya beras ialah bertambahnya keinginan di Triwulan I 2023.

“Bertambahnya keinginan di Triwulan I 2024 karena Lebaran, dan panen raya di prediksikan pada bulan April,” tutur Eka pada acara Rapat Koordinir Pengaturan Inflasi Wilayah Tahun 2023 yang ditayangkan dengan online di akun youtube Kemendagri RI pada Rabu, 27 Desember 2023.

Berdasar catatan Satuan tugas Pangan Polri, keseluruhan stock beras yang dipunyai yakni 1,dua juta ton. Jumlah itu terbagi dalam 1,1 juta ton stock beras di Bulog dari CBP dan beras komersil (beras medium, termasuk beras. premium dan beras khusus), 39 ribu ton stock di Pasar Induk Beras Cipinang, dan 14 ribu ton stock di food station.

Satuan tugas Pangan Polri memberi teguran awal pada gula. Eka menyebutkan, keadaan global yang tidak konstan memengaruhi harga gula internasional. Ini memengaruhi aktualisasi import.

Eka menyebutkan, aktualisasi import gula per 29 November 2023 yakni paket gula kristal putih atau GKP sejumlah 215 ribu ton, yang terlaksana 124 ribu ton. Dan, paket gula kristal mentah yakni 796 ribu dan yang telah terlaksana yakni 680 ribu ton.

Berita Ekonomi Satuan tugas Pangan Ingatkan Tersedianya Beras dan Gula di 2024

Berita Ekonomi Satuan tugas Pangan Ingatkan Tersedianya Beras dan Gula di 2024

“Stock gula Bulog per 8 Desember ialah 5.544 ton. Dan, musim giling pada tahun 2024 terjadi di bulan Mei,” tutur Eka.

Tiga, Satuan tugas Pangan Polri menyorot tersedianya bawang putih. Eka menyebutkan, kualitas bawang putih lokal lumayan baik tetapi dari sisi ukuran lebih kecil dibanding import hingga kurang disukai oleh customer dan harga relatif tinggi dan kurang sanggup berkompetisi di pasar.

Sekarang ini, stock bawang putih yang dipunyai yakni 143,6 ribu ton. Dan, keperluan bawang putih nasional capai 55 ribu ton /bulan. “Karenanya, ketahanan stock bawang putih diprediksi sekitaran 2,64 bulan,” ucapnya.

Satuan tugas Pangan Polri berikan teguran berkenaan tersedianya jagung. Eka menyebutkan, untuk penuhi keperluan jagung dalam negeri, beberapa kepala wilayah diharap bisa jadi pilot proyek penanaman jagung. “Ini perlu dilaksanakan dalam rencana peluasan tempat tanam dan kenaikan produksi,” katanya.

Eka menjelaskan, menyusutnya stock jagung memberi dampak domino pada komoditi pangan lainnya seperti daging ayam dan telur ayam ras