9 Wisata Alam Purwokerto, Liburan yang Asri & Segar! Pernahkah Anda mendengar tentang kota Purwokerto? Jika belum, maka artikel ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu kota di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Purwokerto yang terletak di Provinsi Jawa Tengah merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam yang memukau. Mulai dari pegunungan yang hijau hingga air terjun yang memukau, Purwokerto menawarkan banyak destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Toppers yang akan berwisata ke sana, simak wisata alam Purwokerto berikut ini yang akan membuat liburanmu menjadi lebih segar dan seru!

9 Wisata Alam Purwokerto, Liburan yang Asri & Segar!

Wisata Alam Purwokerto, Indahnya!

Purwokerto merupakan kota yang memiliki banyak daya tarik, mulai dari kulinernya yang selalu menggugah selera, hingga wisata alamnya yang memukau. Berikut ini wisata alam Purwokerto yang membuat liburan Anda semakin seru.

1. Telaga Sunyi

Merupakan sebuah telaga alami yang terletak di Desa Karanggintung, Kecamatan Bukateja, Purwokerto. Telaga ini merupakan destinasi yang tepat jika Anda ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan alam.

Ketika Anda tiba di Telaga Sunyi, Anda akan langsung terpukau dengan keindahan alam di sekitarnya. Telaga ini dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang, menciptakan suasana yang tenang dan menyejukkan. Anda juga dapat menikmati perahu dayung di atas air atau hanya duduk dan bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang indah.

Jalan: Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183
Harga Tiket Masuk Rp 10.000 per orang

2. Gua Lawa

Goa ini merupakan goa alam yang terkenal di Purwokerto. Di dalam goa ini, Anda akan menemukan formasi bebatuan yang unik dan stalaktit yang menakjubkan. Ketika Anda memasuki Goa Lawa, Anda akan merasakan suasana yang misterius dan mendebarkan. Goa ini memiliki lorong-lorong yang gelap dan curam, serta terdapat formasi bebatuan yang unik dan stalagtit yang menjulang tinggi dari langit-langit goa. Jelajahi kegelapan gua ini dan rasakan petualangan yang mengasyikkan. Jangan lupa untuk membawa senter dan pemandu jika Anda tidak terbiasa dengan gua ini.

Alamat Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Harga Tiket Masuk Rp 10.000 per orang

3. Curug Cipendok

Toppers juga bisa mengunjungi Curug Cipendok yang terletak di Desa Pengadegan, Kecamatan Baturraden, Purwokerto. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan yang lebat. Namanya sendiri berasal dari bahasa Jawa, dimana “Curug” berarti air terjun, dan “Cipendok” adalah nama daerah setempat.

Pemandangannya sangat indah dan merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan merenung.

Alamat Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53162
Harga Tiket Masuk Rp 10.000 per orang

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Kecamatan Baturraden, Purwokerto. Namanya saja sudah menggambarkan fenomena alam yang menakjubkan di tempat ini. “Kawah” merujuk pada lubang raksasa yang terbentuk akibat aktivitas geologi, sedangkan “Sikidang” berarti “kawah kecil” dalam bahasa Jawa. Nama ini sesuai dengan fakta bahwa Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif di Jawa Tengah.

Yang membuat Kawah Sikidang begitu menarik adalah aktivitas geologinya yang unik. Anda akan melihat gelembung-gelembung belerang yang muncul ke permukaan dari bawah tanah dan terkadang bahkan meletus. Hal ini menciptakan pemandangan yang sangat eksotis, dengan asap putih yang keluar dari kawah-kawah kecil ini.

Alamat Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Harga Tiket Masuk Rp 30.000 per orang

5. Gunung Slamet

Toppers, jika kamu adalah penggemar pendakian gunung dan ingin menguji dirimu dalam petualangan alam yang mendebarkan, Gunung Slamet adalah destinasi yang tepat untukmu. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Alamat Banyumas, Purwokerto
Harga Tiket Masuk: IDR 15,000 per orang

6. Baturraden

Tempat ini menawarkan berbagai macam wisata alam yang indah dan berbagai macam aktivitas yang seru untuk dinikmati.

Alamat Jalan Raya Baturaden, Purwokerto
Harga Tiket Masuk Rp5.000 per orang

7. Curug Gomblang

Wisata alam Purwokerto lainnya yang bisa Anda coba adalah Curug Gomblang. Curug ini terletak di Desa Gomblang, Kecamatan Karangreja, Purwokerto.

Jika Anda ingin mencapai Curug Gomblang, Anda harus melalui perjalanan mendaki yang cukup menantang, namun jangan khawatir, usaha yang Anda keluarkan akan terbayar dengan pemandangan yang memukau di akhir perjalanan. Dalam perjalanan menuju air terjun, Anda akan melewati jalan setapak yang berkelok-kelok, hutan yang hijau, dan sungai kecil yang mengalir. Ini adalah momen yang tepat untuk berinteraksi dengan alam sekitar dan membuat liburan menjadi lebih seru dan menantang.

Alamat Dusun III, Kalisalak, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152
Harga Tiket Masuk Rp10.000 per orang

8. Curug Telu

Masih dengan wisata air terjun alami di Purwokerto, Anda juga bisa ke Curug Telu. Curug ini sangat memukau dengan ciri khasnya, yaitu terdapat tiga tingkatan air terjun yang saling berdekatan. Keunikan dari Curug Telu adalah adanya tiga tingkatan air terjun yang berbeda ketinggiannya dan membedakan curug ini dengan kebanyakan curug lainnya.