Hasil Piala AFF U-16, Filipina vs Indonesia Skor 0-3 Timnas Indonesia U-16 kembali meraih kemenangan pada laga kedua grup A Piala AFF U-16 2024. Menghadapi Filipina, Garuda Asia menang dengan skor 3-0.

Hasil Piala AFF U-16, Filipina vs Indonesia Skor 0-3

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Evandra Florasta dan sepasang gol dari Mochamad Mierza Firjatullah di babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 memuncaki klasemen sementara grup A dengan raihan enam poin, sedangkan Filipina harus puas berada di dasar klasemen.

Babak Pertama

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Tim nasional Indonesia U-16 tampil menggebrak. Mereka membombardir pertahanan Filipina sejak awal pertandingan.

Peluang berbahaya pertama Indonesia lahir pada menit ke-15 melalui sepakan Alberto di depan gawang Filipina. Namun bola berhasil ditangkap oleh Sunico.

Meski mendominasi penguasaan bola dan terus menggempur gawang Filipina, Indonesia kerap kikuk di depan gawang Filipina. Sehingga peluang emas yang tercipta gagal dikonversi menjadi gol.

Peluang berbahaya kedua Indonesia lahir dari skema sepak pojok pada menit ke-30, dimana Cahya sukses menyundul bola dengan keras, namun lagi-lagi lagu Sunico mampu menggagalkan peluang tersebut.

Hingga babak pertama berakhir, Player Indonesia tetap tampil dominan namun gagal mencetak gol. Sehingga skor tetap bertahan 0-0.

Babak Kedua

Di babak kedua, jalannya pertandingan tidak mengalami perubahan. Tim Garuda masih mendominasi penguasaan bola dan membombardir pertahanan Filipina.

Namun Indonesia menemui masalah yang sama. Mereka mampu masuk ke dalam kotak penalti Filipina, namun penyelesaian akhir skuat Garuda cukup buruk sehingga peluang-peluang tersebut tidak terlalu mengancam gawang Filipina.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya pecah telur pada menit ke-66. Berawal dari tepisan kiper Filipina untuk menghalau tendangan Alberto, namun bola jatuh di dekat kaki Evandra dan sang gelandang tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang Filipina. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol ini akan membuat Player Indonesia semakin percaya diri dalam melakukan serangan. Pada menit ke-71, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Berawal dari umpan terobosan yang apik dari Alberto, Mierza masuk ke dalam kotak penalti dan menceploskan bola ke gawang Filipina dan menjadi gol.

Di masa injury time, Mierza mencetak gol keduanya ke gawang Filipina. Berawal dari kemelut di depan gawang Filipina, Mierza berhasil merebut bola kedua dan melepaskan tendangan mendatar yang gagal dihalau oleh Sunico. Skor 3-0 menjadi penutup pertandingan ini.

Susunan Pemain Kedua Tim

Filipina U-16 (3-4-3): Sunico; Poliquit, Mariona, Gauzon; Atienza, Briones, Dalman, Samalod; Pampliega, Balbalin, Santos

Pelatih Yuki Matsuda

Indonesia U-16 (3-4-3): Ichsan; Cahya, Panji, Jamaludin; Zaidan, Azizu, Raphael, Evandra; Alberto, Holong, Fandi

Pelatih Nova Arianto

Statistik Pertandingan
Timnas Filipina U-16 – Timnas Indonesia U-16
Gol 0-3
Total Tembakan: 2-27
Tembakan tepat sasaran: 0-9
Penguasaan bola: 17%-83%
Pelanggaran: 9-3
Pelanggaran: 1-6