Erick Thohir tentang PHK Massal PSSI: Bersih-bersih Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir angkat bicara soal kabar pihaknya telah merumahkan puluhan karyawan. Konon jumlahnya mencapai 43 orang karyawan.

“Oh, bersih-bersih karyawan di PSSI. Waktu saya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI waktu itu, saya ingat itu langsung saya sampaikan,” kata Erick Thohir kepada wartawan dalam konferensi pers Liga 2 2024/2025 di The Gade Tower PT Pegadaian, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

“Saya ingin karena ini amanah dari masyarakat Indonesia dan juga dari stakeholder sepak bola, saya katakan saya punya komitmen sebagai ketua umum untuk membangun sepak bola yang bersih dan berprestasi.”

Erick Thohir tentang PHK Massal PSSI: Bersih-bersih

Alhamdulillah, ketika di tahun pertama kami fokus berbenah di timnas, kami ubah mindset, kami perbaiki, hasilnya bagus, tambahnya.

Pembenahan

Erick Thohir juga membahas tentang bersih-bersih kompetisi. Program bersih-bersih ini mencakup keseluruhan. Tidak hanya terkait teknis, tapi juga non teknis.

“Sama di tahun berikutnya kita juga bersih-bersih liga. Liga 1 sudah kita bersihkan. Tidak ada lagi match fixing. Kalau ada, kita sikat habis. Itu sudah pasti. Sampai saya bilang tadi, juga Liga 2,” kata Erick Thohir.

“Kalau ada yang macam-macam, laporkan juga. Ya, saya akan gigit juga. PSSI itu kan jantungnya. Jantungnya sepak bola Indonesia. Setuju. Maka karena itu, saya berusaha memperbaiki bersama Sekjen, bersama seluruh Exco yang mendukung program bersih-bersih saya, bahwa tidak mungkin ke depan PSSI tidak dikelola dengan transparan dan baik,” lanjutnya.

Penjelasan Erick Thohir

“Kita bisa lihat bahwa melepas tim-tim yang ada di PSSI bukan bentuk kesombongan, tapi kami sudah mendatangkan perusahaan SDM ternama untuk melakukan assessment,” jelas Erick Thohir.

“Assesment wawancara satu per satu. Wawancara satu per satu. Dan Sekjen sendiri sudah bertemu dengan semua karyawan. Mulai besok saya juga akan bertemu secara berkelompok.”

“Ada badan tim nasional, ada keuangan, dan macam-macam. Karena, sekali lagi, saya tidak ingin ada intrik-intrik sebelumnya di mana ada aset-aset PSSI yang dikelola secara pribadi. Itu tidak boleh,” tegas Erick Thohir.

Pernyataan Erick Thohir

“Ada, mohon maaf, kegiatan-kegiatan itu ada cashback-nya. Dalam melakukan audit, saya menemukan hal-hal tersebut. Jadi tolong beri saya kesempatan untuk melakukan perbaikan untuk sepak bola secara keseluruhan. Timnas sudah, liga sudah, sekarang jantungnya PSSI,” jelas Erick Thohir.

“Dan saya yakin ini ke arah yang lebih baik karena seluruh masyarakat sepak bola, seluruh stakeholder sepak bola menginginkan hal yang sama ketika memberikan mandat kepada saya.”

“Saya ingin sepak bola ini bersih dan punya prestasi. Mungkin itu, jadi saya tidak mau berpolemik soal ABC, saya jalan terus saja, saya tidak peduli,” pungkas Erick Thohir.