Viral! 5 Makanan Jalanan Aneh Ini Hanya Ada di Cina! Cina memiliki banyak kuliner yang unik dan menarik. Namun ada beberapa jajanan kaki lima yang cukup aneh atau ganjil dan hanya bisa ditemukan di China.
Jajanan kaki lima di setiap negara memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan jajanan kaki lima di China yang beragam jenisnya, mulai dari yang populer dan lezat seperti jiianbing hingga baozi.

Hingga jajanan kaki lima yang sedikit ekstrim yaitu Stinky Tofu dengan aromanya yang menyengat, hingga sate serangga hingga aneka ulat yang diolah menjadi berbagai makanan populer di China.

Viral! 5 Makanan Jalanan Aneh Ini Hanya Ada di Cina!

Namun ada juga beberapa jajanan kaki lima yang cukup aneh dan baru-baru ini menjadi viral di media sosial. Mulai dari tumis batu kolam, hingga nasi goreng yang menggunakan es krim dan meses.

Berikut daftar jajanan teraneh yang hanya ada di China

1. Kopi daun bawang

Pada awal Mei lalu, Spring Onion Coffee atau kopi dengan campuran daun bawang di China menjadi viral.

Cara membuat kopi ini mirip dengan kopi pada umumnya, hanya saja banyak potongan daun bawang yang ditambahkan ke dalam kopi. Baru kemudian ditambahkan susu untuk menciptakan warna yang kontras.

Menurut mereka yang sudah mencobanya, es kopi ini memiliki rasa yang unik karena ada perpaduan antara pahit dari kopi dan pedas dari campuran bawang.

2. Tumis Durian Stroberi

Di China, durian juga cukup populer dan biasanya diolah menjadi makanan penutup dan kue. Namun ada seorang penjual makanan yang memiliki cara aneh dalam menjual durian.

Penjual ini menjadi viral setelah menumis buah durian dengan stroberi yang dicampur dengan bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Dalam video tersebut, penjual makanan tersebut menggunakan api besar dengan alat masak wajan yang biasa digunakan untuk membuat nasi goreng atau tumisan lainnya. Ia kemudian menumis durian dan stroberi dengan cabai, MSG dan kecap.

Tumis durian dan stroberi ini disajikan dengan nasi putih hangat seharga 48 Yuan (Rp 110.000). Menurut orang-orang yang telah mencobanya, tumis durian dan stroberi ini cukup enak namun tidak cocok untuk dimakan berkali-kali.

3. Nasi Goreng Es Krim Kopi

Ia mengabadikan momen seorang penjual nasi goreng pinggir jalan yang sedang membuat menu nasi goreng unik.

Pembuatannya dimulai dengan menggoreng es krim cokelat hingga meleleh. Kemudian, ia menambahkan irisan jahe, kepiting, dan aneka cabai.

Kemudian, nasi diaduk dengan es krim rasa kopi yang aneh. Terakhir, nasi goreng disajikan dengan banyak daun bawang, tapi bukannya menggunakan bawang goreng, penjualnya justru menambahkan meisjes yang berwarna-warni.

4. Es Batu Panggang dengan Saus

Menu aneh ini pertama kali muncul dalam sebuah video pendek yang diambil dari sebuah gerai makanan jalanan di Nanchang, Provinsi Jiangxi, China. Bongkahan es batu berukuran besar dimasak di atas bara api dan dibumbui dengan berbagai saus dan rempah-rempah, kemudian disajikan di atas piring.
Setelah video es batu bakar tersebut menjadi viral, media di China mencari gerai makanan yang menjualnya. Mereka kemudian menemukan pria yang mencetuskan ide menu aneh ini.

Ia mengaku bercanda dalam menyajikan menu es batu bakar tersebut karena ingin membuat orang tidak kepanasan di cuaca yang panas. Namun ia tidak menyangka bahwa menu aneh tersebut akan disukai, sehingga ia terus membuatnya.

Menu gratis ini menarik rasa penasaran banyak orang. Mereka bahkan rela meminta dibuatkan terlebih dahulu agar tidak perlu mengantri.

5. Tumis Batu Pedas

Melalui video yang diunggah oleh kreator Zhutouxinyi di aplikasi Xionghongshu, seorang penjual makanan jalanan di China terlihat sedang memasak dagangannya di sebuah wajan. Namun makanan yang ia jual bukanlah tumisan biasa, melainkan tumisan batu.

Tumis ini berasal dari Hubei, sebuah provinsi di China. Terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti batu-batu bulat seperti batu kolam yang ditumis dengan bawang putih, daun bawang, jahe, cabai, dan minyak cabai.