Tragis! Gara-gara Rambutan, Nyawa Nenek Ini Melayang Meski rasanya enak dan harganya murah, makan buah rambutan bisa berakhir tragis. Seperti yang dialami oleh seorang nenek asal Malaysia ini.

Buah rambutan yang rasanya manis dan enak merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu kulit buahnya memiliki rambut dengan rasa daging buah rambutan yang manis dan sedikit asam. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Buah ini sempat viral di luar negeri, terutama di negara-negara Barat, karena penampilannya yang unik dan mendapat sebutan ‘alien fruit’.

Di Malaysia, buah rambutan sama populernya dengan buah lainnya. Namun baru-baru ini ‘buah alien’ ini baru saja merenggut nyawa seorang nenek berusia 72 tahun di Felda Lawin Utara di Gerik, Malaysia.

Tragis! Gara-gara Rambutan, Nyawa Nenek Ini Melayang

Dilansir dari The Sun (17/07), nenek tersebut sedang memakan buah rambutan yang berbentuk bulat. Saat mengunyah tak sengaja tersedak rambutan hingga mengalami kesulitan bernafas dan akhirnya meninggal dunia di rumah.

Sang nenek kemudian dibawa ke klinik setempat, Puskesmas Lawin, tak lama setelah kejadian. Petugas kepolisian Gerik, Zulkifli Mahmood, juga diberitahu tentang kejadian ini oleh pihak klinik.

Ia segera mendatangi klinik tersebut untuk menyelidiki penyebab kematian korban.

“Berdasarkan wawancara kami dengan anak perempuan korban, dia melaporkan bahwa ibunya mengalami kesulitan bernapas ketika dibawa dari teras rumahnya sekitar pukul 19.00,” kata Zulkifli.

“Kemudian korban dilarikan ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan, tim medis menemukan ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokannya, ternyata biji rambutan,” lanjutnya.

Korban sempat diberikan pertolongan pertama berupa CPR namun sayang nyawanya tidak tertolong.

Otopsi yang dilakukan terhadap jenazah korban di Unit Forensik Rumah Sakit Gerik mengungkapkan bahwa korban meninggal dunia karena kesulitan bernafas (asfiksia).


Tersedak makanan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Banyak korban yang harus dilarikan ke rumah sakit setelah tersedak makanan. Ada yang mengalami patah tulang, ada yang harus dioperasi, dan ada pula korban tersedak yang meninggal dunia.