Tiba di Abu Dhabi, Jokowi Disambut Presiden MBZ Langsung! Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi disambut langsung oleh Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan atau Pangeran MBZ dari Bandara Internasional Zayed.
Jokowi tiba di Bandara Zayed sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Selain Pangeran MBZ, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga turut menyambut Jokowi.

Sesampainya di lokasi, sejumlah menteri menyambut Jokowi, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan perwakilan KJRI.

Tiba di Abu Dhabi, Jokowi Disambut Presiden MBZ Langsung!

Dalam kunjungan ini, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) esok hari. Jokowi mengatakan dalam 10 tahun terakhir ini, hubungan Indonesia dengan Uni Emirat Arab mengalami peningkatan yang sangat pesat di bidang ekonomi maupun investasi. Uni Emirat Arab, lanjutnya, merupakan salah satu mitra utama dan mitra strategis Indonesia di Timur Tengah.

Sore hari ini saya dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Selain itu juga, Uni Emirat Arab, kata Jokowi, merupakan negara Timur Tengah pertama di mana Indonesia memiliki perjanjian kemitraan komprehensif atau CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement). Kemitraan tersebut antara lain berpusat pada kerja sama di bidang energi bersih, seperti kerja sama energi surya di Waduk Cirata.

Dalam pertemuan saya dengan Presiden MBZ antara lain saya akan membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi strategis yang lebih kuat, tentu saja kerja sama-kerja sama ini akan dilanjutkan oleh pelaksanaan pemerintahan yang baru nanti, kata Jokowi.

Menelusuri Megahnya Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi

Masjid Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Abu Dhabi melambangkan kedekatan hubungan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam 10 tahun terakhir. Masjid yang sudah beroperasi selama 7 bulan ini dibangun dengan sangat megah. Bagaimana potret kemegahan masjid tersebut?

Masjid ini terletak di kawasan diplomatik Abu Dhabi dan dilalui oleh President Jokowi Street.

Sesampainya di depan masjid, mata langsung disuguhi gapura putih melengkung dan tulisan ‘Masjid Presiden Joko Widodo’ di sebelah kiri dan tulisan Arab di sisi kanan.

Halaman tersebut beralaskan keramik dan terdapat beberapa tanaman sebagai penghias. Di ujung halaman terdapat tempat wudhu pria, sedangkan mushola berada di sisi kiri halaman.

Mushola pria dan wanita dibangun terpisah dan dipisahkan oleh tembok. Di sisi kiri halaman adalah ruang salat untuk pria, sedangkan untuk wanita Anda harus berjalan lagi ke arah belakang masjid.

Kedua ruang salat tersebut memiliki ornamen yang sama. Ruang salat memiliki karpet berwarna biru dan juga peralatan salat. Terdapat pula lemari kayu di ujung ruangan untuk menyimpan alat sholat dan Al Qur’an.

Tempat wudhu untuk pria dan wanita juga terlihat sama. Area wudhu terpisah dari kamar mandi. Konsep area wudhu terlihat modern dengan adanya tempat duduk di setiap keran air.

Area ini terlihat bersih dan nyaman. Sedangkan untuk area sholat, ornamen dinding dan plafon menambah keindahan masjid.

Khusus di area sholat pria, jika masuk lebih dalam lagi terdapat pintu lain untuk memasuki sebuah ruangan. Ruangan ini bisa dibilang ruangan inti dari masjid namun tidak selalu terbuka. Ruangan ini hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu saja seperti salat Jumat dan salat Idul Fitri.

Kehadiran Masjid Presiden Joko Widodo melambangkan kedekatan kedua negara setelah hadirnya President Joko Widodo Street di Abu Dhabi, sedangkan di Indonesia dilambangkan dengan hadirnya Masjid Syekh Zayed Solo dan Tol Layang MBZ.