5 Alasan Portugal Bisa Mengalahkan Prancis di 8 Besar Euro 2024 Duel Portugal vs Prancis akan menjadi salah satu pertandingan besar di babak 8 besar Euro 2024. Kedua tim papan atas ini berada di level yang setara. Pertandingan diprediksi akan berlangsung sengit, pemain-pemain bintang dari kedua tim akan menjadi penentu.

5 Alasan Portugal Bisa Mengalahkan Prancis di 8 Besar Euro 2024

Pertandingan Portugal vs Prancis akan dimainkan di Volksparkstadion, kick-off pukul 02.00 WIB, Sabtu 6 Juli 2024. Portugal dan Prancis sama-sama layak disebut sebagai calon juara, sehingga pertandingan ini seharusnya berjalan menarik.

Namun, kedua tim belum dalam performa terbaiknya di turnamen ini. Portugal cukup beruntung bisa menyingkirkan Slovenia lewat adu penalti di babak 16 besar Piala Eropa 2024.

Perancis juga tidak berbeda. Permainan Les Bleus sudah bermasalah sejak awal.

Meski begitu, jika membandingkan kondisi kedua tim, nampaknya Portugal bisa disebut sedikit lebih unggul dari Prancis. Keberadaan Cristiano Ronaldo dalam skuat Portugal juga harus dipertimbangkan.

Setidaknya, ada 5 alasan Portugal bisa mengalahkan Prancis di babak 8 besar Euro 2024. Apa sajakah itu? Mari kita simak cerita selengkapnya.

1. Portugal di Luar Dugaan

Satu hal yang menarik dari Portugal, meskipun tidak tampil cukup konsisten, adalah adanya unsur kejutan. Portugal terlihat lebih ‘hidup’ di setiap pertandingan. Meskipun kesulitan, mereka tetap bisa memberikan tontonan yang menarik.

Unsur kejutan inilah yang tidak dimiliki oleh Prancis selama ini. Gaya bermain Prancis terlalu mudah ditebak. Permainan mereka monoton, tidak banyak kejutan dari pertandingan ke pertandingan.

Nah Portugal di sisi lain, mereka bisa mencetak banyak gol seperti ketika mengalahkan Turki 3-0 di fase grup. Jadi, Portugal seharusnya memiliki peluang yang lebih baik untuk mengalahkan Prancis.

2. Prancis dan Rekor 1 Gol

Prancis memiliki catatan minor. Meski menjadi tim favorit, namun skuat asuhan Didier Deschamps ini belum menunjukkan permainan terbaiknya sejauh ini. Prancis bahkan gagal menjadi juara grup.

Di babak penyisihan grup pun demikian. Prancis hanya menang sekali, yaitu kemenangan 1-0 atas Austria.

Bahkan, Prancis belum mampu mencetak lebih dari 1 gol dalam pertandingan Euro 2024 sejauh ini. Mereka akan kesulitan menghadapi Portugal, yang memiliki kiper yang kuat.

3. Tim Portugal yang Solid

Tim Portugal baru saja melalui perjalanan yang sulit di babak 16 besar. Mereka harus berjuang hingga babak adu penalti.

Nah situasi sulit seperti itu justru biasanya memberikan dampak positif bagi tim. Skuat Portugal bisa semakin solid. Para pemain menjadi lebih dekat, saling mendukung satu sama lain dengan semangat yang positif.

Bukan berarti tim Prancis tidak solid, namun skuad Portugal baru saja mendapatkan pengalaman bersama.

4. Cristiano Ronaldo

Meskipun dia belum mencetak gol dalam waktu normal sejauh ini, masih terlalu dini untuk mencoret Cristiano Ronaldo. Bagaimanapun juga, Ronaldo adalah pemain terpenting Portugal.

Diyakini Ronaldo akan turun ke lapangan dengan ambisi yang besar dalam pertandingan nanti. Jika diberi kesempatan menjadi starter, Ronaldo akan langsung tancap gas sejak menit pertama.

Perlu diingat, Ronaldo memiliki banyak pengalaman bermain di laga-laga krusial seperti ini. Dia tidak runtuh di bawah tekanan. Justru Ronaldo kerap bersinar di laga-laga terpenting.

5. Diogo Costa adalah Jago Penalti

Katakanlah pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti. Kemungkinannya memang cukup tinggi. Dalam pertandingan penting, biasanya tim akan bermain lebih hati-hati.

Nah dalam adu penalti, Portugal masih lebih unggul. Mereka memiliki kiper top dalam diri Diogo Costa yang baru saja mencatatkan rekor fantastis.

Di babak 16 besar, saat melawan Slovenia, Costa menjadi pahlawan tim dalam adu penalti. Dia menyelamatkan tiga tendangan penalti secara beruntun, membawa tim menang, sekaligus mencetak rekor baru.

Jika pertandingan Portugal vs Perancis harus dilanjutkan dengan adu penalti, Costa lebih siap daripada tim lawan.