6 Rekor Gila Cristiano Ronaldo di Euro, Tak Ada Tandingannya! Cristiano Ronaldo adalah pemain yang identik dengan rekor. Bintang asal Portugal ini memegang banyak rekor termasuk di Euro.

6 Rekor Gila Cristiano Ronaldo di Euro, Tak Ada Tandingannya!

Ronaldo saat ini sudah berusia 39 tahun. Meski begitu, Ronaldo masih menunjukkan performa yang cukup bagus di level klub maupun internasional.

Bersama timnas Portugal, Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak negaranya.

Selain itu, Ronaldo juga memiliki rekor-rekor fantastis dalam keikutsertaannya di ajang Euro. Apa sajakah itu?

Berikut enam rekor luar biasa yang dipegang Ronaldo di Euro.

1. Pencetak Gol Terbanyak

Pemain Ronaldo memang belum mencetak gol di Euro 2024. Namun, Ronaldo hanya akan memperpanjang rekornya lebih jauh jika berhasil menhancukan gawang lawan.

Player Ronaldo juga pertama kali mencetak gol di Euro lebih dari dua dekade lalu.

Sejak saat itu, Ronaldo telah mencetak gol di setiap turnamen dan telah mengoleksi 14 gol.

2. Assist Terbanyak

Ronaldo mencatatkan rekor baru dengan memberikan assist kepada Bruno Fernandes dalam kemenangan 3-0 Portugal atas Turki di Euro 2024.

Ronaldo kini telah mencatatkan delapan assist di Euro. Itu adalah rekor tertinggi di turnamen antar negara Eropa.

3. Penampilan Terbanyak

Cristiano Ronaldo tidak pernah absen di Euro sejak tahun 2004. Tidak mengherankan jika Ronaldo memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di turnamen ini.

Selama masa Ronaldo, Portugal selalu berhasil mencapai babak sistem gugur. Mereka telah mencapai final dua kali, semifinal, perempat final dan babak 16 besar satu kali.

Ronaldo kini telah membuat 27 penampilan di enam edisi Euro. Jumlah tersebut enam kali lebih banyak dari rekan setimnya di Portugal, Pepe.

4. Satu-satunya pemain yang bermain di semua enam Euro

Cristiano Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang tampil di enam edisi Euro. Ia juga merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang tampil dalam enam edisi Euro.

Ronaldo melakukan debutnya untuk tim nasional Portugal pada tahun 2003.

Luka Modric, Pepe, Iker Casillas dan Rui Patricio adalah empat pemain yang telah tampil dalam lima edisi Euro.

5. Kemenangan Terbanyak

Tidaklah mengherankan jika Cristiano Ronaldo mengoleksi kemenangan individu terbanyak, karena Portugal memiliki catatan yang baik selama karir individunya yang panjang.

Ia mencatatkan total 2.334 menit, 166 menit per gol, dan 111 menit per gol atau assist.

Kemenangan yang tidak akan pernah dilupakan Ronaldo tentu saja adalah final Euro 2016.

6. Pencetak Gol Terbanyak dalam Turnamen

Tidak termasuk Euro 2024, Cristiano Ronaldo telah mencetak gol di setiap Euro sejak tahun 2004. Tidak ada pemain lain yang bisa mencetak gol dalam lima turnamen.

Pemain Ronaldo mencetak gol melawan Yunani dan Belanda pada 2004, Republik Ceko pada 2008, Belanda dan Republik Ceko pada 2012, Hungaria dan Wales pada 2016, serta Hungaria, Jerman, Prancis di Euro 2020.

Ronaldo belum membuka rekening golnya di Euro 2024. Meski begitu, Ronaldo masih memiliki waktu untuk mencetak gol dan memperpanjang rekornya di Jerman.

Sumber: Planet Football