Klasemen Akhir Grup E Piala Eropa 2024: Semua Tim Raih 4 Poin, Siapa yang Lolos ke 16 Besar? Euro 2024 Grup E baru saja menyelesaikan pertandingan ketiga alias laga terakhir fase grup. Di luar dugaan, semua tim menutup fase grup dengan raihan poin yang identik.

Klasemen Akhir Piala Eropa 2024, Siapa yang Lolos ke 16 Besar?

Sebelum pertandingan ketiga ini, ada anomali unik di grup E. Pasalnya, pada pertandingan pertama dan kedua, keempat tim saling meraih kemenangan dan mengalahkan satu sama lain, sehingga keempat tim sama-sama mengoleksi tiga poin.

Alhasil, keempat tim berjuang keras di pertandingan ketiga untuk meraih tiga poin.

Namun apa daya, keempat tim bermain sama kuat di pertandingan terakhir. Slovakia ditahan imbang 1-1 dengan Hungaria, sedangkan pertandingan Ukraina vs Belgia berakhir dengan skor 0-0.

Situasi ini membuat keempat tim sama-sama mengoleksi empat poin. Lantas siapa yang lolos ke babak 16 besar?

Aturan Tiebreak

Sebelum membahas siapa yang lolos, kami perlu mengingatkan kembali tentang aturan tiebreak Euro 2024. Aturan ini dibuat untuk menentukan posisi sebuah tim ketika ada dua tim atau lebih yang memiliki poin yang sama.

Berikut adalah aturan tiebreak:

Poin di antara kedua tim;
Selisih gol antara kedua tim;
Jumlah gol yang dicetak di antara kedua tim;
Jika kriteria 1-3 diterapkan dan klasemen tidak dapat ditentukan, maka kriteria 1-3 akan dihitung ulang secara eksklusif antara tim yang bersangkutan. Jika masih tetap sama, maka kriteria tersebut berlaku:
Selisih gol di semua pertandingan;
Jumlah gol di semua pertandingan;
Jika dua tim dengan poin, selisih gol, dan jumlah gol yang sama berhadapan di pertandingan terakhir babak grup, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan adu penalti;
Poin disiplin;
Posisi di babak kualifikasi, jika Jerman terlibat, pengundian akan dilakukan.

Posisi akhir Grup E Euro 2024

Berdasarkan aturan tiebreak, berikut ini adalah klasemen akhir Euro 2024 Grup E.

Tim nasional Ukraina menjadi tim juru kunci. Pasalnya, mereka memiliki selisih gol -2. Sedangkan Timnas Slovakia berada di peringkat ketiga, karena selisih gol mereka 0.

Timnas Belgia dan Hungaria sama-sama memiliki selisih gol +1. Namun berdasarkan aturan tiebreak, Hungaria menjadi juara grup dan Belgia menjadi runner up.

Selama penyisihan grup, Rumania mencetak empat gol, sedangkan Belgia hanya mencetak dua gol. Karena itulah Rumania menjadi juara Grup E.

Calon Lawan Wakil Grup E

Timnas Rumania sebagai juara grup akan berhadapan dengan peringkat ketiga terbaik dari grup C atau grup D.

Sedangkan Belgia akan mendapatkan lawan yang berat. Mereka akan berhadapan dengan runner up grup D, Timnas Prancis.

Sedangkan Slovakia sendiri juga dipastikan lolos ke babak 16 besar karena masuk dalam peringkat ketiga terbaik. Calon lawan Slovakia di babak 16 besar nanti adalah timnas Inggris atau timnas Spanyol.