Profil dan Daftar Timnas Swiss untuk Euro 2024 Tim nasional Swiss akan menghadapi Jerman pada matchday ketiga Grup A Euro 2023, Senin, 24 Juni 2024.

Profil dan Daftar Timnas Swiss untuk Euro 2024

Swiss sejauh ini telah meraih empat poin dari dua pertandingan. Peluang Granit Xhaka dkk untuk lolos ke babak 16 besar pun cukup terbuka lebar.

Kini, Swiss bertekad mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian mereka yang melaju ke babak perempat final di Euro 2020 lalu.

Pemain Bintang Granit Xhaka

Granit Xhaka bisa dibilang sebagai bintang paling bersinar di skuad Swiss saat ini. Penampilannya bersama Bayern Leverkusen pada musim 2023/2024 lalu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ia juga mengantarkan timnya menjuarai DFB Pokal dan lolos ke final Liga Europa.

Bertindak sebagai kapten tim, Xhaka berharap dapat menularkan mental juara kepada timnya.

Profil Pelatih: Murat Yakin

Murat Yakin menangani tim nasional Swiss sejak Agustus 2021. Ia berperan penting dalam membawa negaranya lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan mengungguli Italia di babak kualifikasi.

Sayangnya, pada fase tersebut timnya harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor telak 1-6.

Jika tidak dapat memenuhi ekspektasi, bukan tidak mungkin federasi sepak bola Timnas Swiss akan memecatnya.

Skuat tim nasional Swiss

Penjaga gawang: Yann Sommer (Inter), Yvon Mvogo (Lorient), Gregor Kobel (Borussia Dortmund)
Pemain Belakang: Ricardo Rodriguez (Torino), Fabian Schar (Newcastle United), Manuel Akanji (Manchester City), Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach), Silvan Widmer (Mainz 05), Cedric Zesigner (Wolfsburg), Leonidas Stergiou (Stuttgart)
Lini tengah: Granit Xhaka (Bayer Leverkusen), Xherdan Shaqiri (Chicago Fire), Remo Freuler (Bologna), Denis Zakaria (Monaco), Michel Aebischer (Bologna), Fabian Rieder (Rennes), Ardon Jashari (Luzern), Vincent Sierro (Toulouse)
Pemain Penyerang: Breel Embolo (Monaco), Steven Zuber (AEK Athens), Ruben Vargas (Augsburg), Renato Steffen (Lugano), Noah Okafor (AC Milan), Zeki Amdouni (Burnley), Dan Ndoye (Bologna), Kwadwo Duah (Ludogorets).

Jadwal Pertandingan Swiss di Euro 2024

Berikut merupakan jadwal lengkap timnas Swiss di babak penyisihan grup Euro 2024:

Sabtu, 15 Juni 2024
20.00 WIB: Hongaria 1-3 Swiss

Kamis, 20 Juni 2024
02.00 WIB: Skotlandia 1-1 Swiss

Senin, 24 Juni 2024
02.00 WIB: Swiss vs Jerman